Inilah Cara Menghitung Masa Subur Seseorang Wanita

Artikel disini membahas tentang cara menghitung masa subur wanita. Masa subur merupakan sebuah masa dimana perempuan berada di tingkat kesuburan tertinggi. Banyak wanita yang tidak tahu kapan masa suburnya, sehingga ketika sedang ingin cepat hamil dan hasilnya tidak maksimal.

Rencanakan kehamilan dengan mengetahui masa subur. Dengan mengetahui masa subur, maka dengan lebih besar peluang untuk bisa cepat hamil. Anda masih bingung gimana cara menghitung masa subur? Simak ulasan berikut ini:

cara-menghitung-masa-subur

Menentukan masa subur dengan siklus menstruasi
Untuk anda yang memiliki siklus menstruasi teratur setiap bulannya, maka masa subur anda adalah antara hari ke 10 sampai hari ke 16 setelah hari menstruasi terakhir dengan puncak masa subur di hari ke 13 setelah menstruasi.

Agar anda tidak bingung, misal jika hari terakhir anda menstruasi di bulan ini adalah pada tanggal 7, maka masa subur anda adalah di tanggal 17 sampai tanggal 23 dengan puncak masa subur pada tanggal 20 di bulan tersebut.

Nah untuk anda yang memiliki siklus haid yang tak teratur, cara menentukan masa subur adalah anda perlu mencatat siklus haid selama 6 bulan sebelumnya, dengan rumus penentuan masa subur di hari ke (siklus terpendek dikurangi 18) hingga hari ke (siklus terpanjang dikurangi 11), semoga anda mengrti dengan cara ini.

Perhatikan contoh pencatatan siklus haid di bawah ini:

Bulan 1 : siklus haid selama 30 hari
Bulan 2 : siklus haid selama 29 hari
Bulan 3 : siklus haid selama 33 hari (ini adalah contoh siklus terpanjang)
Bulan 4 : siklus haid selama 30 hari
Bulan 5 : siklus haid selama 28 hari (ini adalah contoh siklus terpendek)
Bulan 6 : siklus haid selama 31 hari.

Dari contoh diatas dapat kita ambil bahwa siklus tersingkat anda adalah 28 hari sedangkan siklus terlama adalah 33 hari, maka masa subur anda adalah antara

28 - 18 = hari ke 10 sampai 33 - 11 = hari ke 22.

Menentukan masa subur
Selain menggunakan metode kalender di atas, anda dapat mengenali masa subur dari tanda yang ditunjukkan oleh tubuh anda sendiri, diantaranya:

Perubahan kekentalan lendir dari area kewan!taan, perubahan ini dipicu oleh peningkatan hormon estr0gen. Untuk melakukan tes, basahi dan rekatkan ujung jari telunjuk dan jempol anda dengan cairan lendir rahim kemudian renggangkan sekitar 2 hingga 3 cm, jika lendir tersebut tidak terputus (kental) maka kemungkinan sekitar 80% anda berada pada masa subur. Terasa nyeri di bagian perut bawah dan peningkatan suhu tubuh dari suhu tubuh biasa. ref: yukitabaca.com

Itulah beberapa cara menghitung masa subu wanita yang dapat kami share hari ini. Jika anda masih saja bingung dengan cara di atas, anda dapat menentukan masa subur dengan mempergunakan alat bantu atau alat uji kesuburan yang dapat anda beli di apotek. Silahkan dibaca juga, cara cepat hamil.
Inilah Cara Menghitung Masa Subur Seseorang Wanita | Nyanter | Rate: 5